Home » » Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan Masyarakat

Written By PNPM-MPd Kec. Bang Haji, Kab. Bengkulu Tengah on Sabtu, 20 April 2013 | 19.48


Pemberdayaan Masyarakat, Definisi Pemberdayaan Masyarakat, Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Kerja Bakti
Pemberdayaan Masyarakat pada dasarnya adalah suatu proses pertumbuhan dan perkembangan kekuatan masyarakat untuk ikut terlibat dalam berbagai aspek pembangunan di suatu wilayah. Untukmemberdayakan masyarakat ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan yaitu :
  1. Mobilisasi (Community mobilization)
  2. Partisipasi Masyarakat (Community participation)
  3. Pembangunan Berbasis Masyarakat (Community development)
Ketiga pendekatan ini, tentunya akan diarahkan pada dua tujuan pemberdayaan, yaitu :
  1. Melepaskan masyarakat dari keterbelakangan dan kemiskinan, yang dikenal sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat.
  2. Memperkuat posisi masyarakat dalam struktur kekuasaan, yang dikenal sebagai pemberdayaan politik masyarakat.
Konsep Pemberdayaan Masyarakat
Pada intinya, konsep ini bertujuan dalam memandirikan masyarakat serta mengembangkan potensi - potensi yang dimiliki oleh masyarakat, masyarakat tidak hanya sebagai penerima hasil tetapi ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

Strategi Pemberdayaan Masyarakat
Untuk mewujudkan "masyarakat yang berdaya" diperlukan strategi - strategi yang tepat dalam melaksanakan hal tersebut, misalnya memperkuat daya saing, melindungi masyarakat serta  melindungi masyarakat agar tidak menjadi bertambah lemah. Strategi pemberdayaan masyarakat lainnya dapat berupa program - program pembangunan seperti program pembangunan desa.

Pemberdayaan Ekonomi dan Politik Masyarakat
Untuk ekonomi, ciri dari konsep pembangunan ekonomi yang saat ini sedang dikembangkan, yaitu paradigma yang berciri : people centered, participatory, empowering and sustainable.


Sedangkan untuk politik, merupakan bentuk pemberdayaan yang lebih mengarah pada proses memperkuat posisi masyarakat dalam struktur kekuasaan. Jika berbicara mengenai struktur kekuasaan, maka pemberdayaan masyarakat ini akan memasuki lembaga legislatif, lembaga eksekutif dan lembaga yudikatif.

Pemberdayaan Masyarakat Pesisir
Lebih di terfokus pada wilayah pesisir dan pulau - pulau kecil, dimana isu pokok permasalahan yang melatarbelakangi adanya memberdayakan masyarakat pesisir adalah masalah lingkungan pesisir, konflik sosial nelayan - nelayan di pesisir serta masalah dana dan program-program pemberdayaan.

Pemberdayaan Masyarakat Desa
Berbeda dengan yang lainnya, dalam konteks ini berguna dalam pengembangan potensi yang ada dalam masyarakat desa agar bisa lebih mandiri dalam ikut serta dalam kegiatan pembangunan yang berlangsung.


Pada lembaga legislatif, pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan oleh partai-partai politik melalui suatu pendidikan politik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain itu dunia pendidikan sudah saatnya bukan hanya tempat meningkatkan ilmu dan pengatahuan anak didiknya, tetapi juga menjadi tempat menumbuhkan dan mengembangkan sikap demokratis, sikap mandiri, dalam menata kehidupan dan karier pekerjaan.

Berbagai referensi mengenai pengertian atau definisi, tujuan, strategi, serta contohpemberdayaan masyarakat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang PNPM

UPK Bang Haji

Jam Garuda


visitor counter
 
Copyright © 2013. PNPM Mandiri - All Rights Reserved
Supported by Smilecodes, Inc
Proudly powered by Blogger