Home » » cara menggunakan rumus iferror dan vlookup pada excel

cara menggunakan rumus iferror dan vlookup pada excel

Written By PNPM-MPd Kec. Bang Haji, Kab. Bengkulu Tengah on Senin, 01 Juli 2013 | 00.10

excel

Didunia kerja atau mungkin dalam kepentingan yang lain terkadang saat kita menggunakan fungsi-fungsi Excel seperti VLOOKUP misalnya dan kebetulan data yang dicari tidak ada atau tidak sesuai maka hasilnya adalah ‘ #N/A ‘. Padahal kita seringkali menginginkan nilainya kosong atau ‘ 0 ‘ jika salah satu kriteria tidak terpenuhi..

Dengan Ms Excel 2007 keatas kendala diatas dapat diselesaikan menggunakan fungsi  IFERROR, sintaks atau rumusnya : IFERROR(value,value_if_error). dan sebelum saya bahas tentang iferor itu sendiri sebelumnya saya akan bahas terlebih dahulu fungsi Vlookupnya.

Fungsi vlookup adalah sebuah fungsi untuk menghitung / mengambil nilai dari sebuah tabel referensi untuk ditampilkan ke tabel kerja. Fungsi vlookup akan menghitung nilai referensi secara vertikal. Aturan penulisan Syntax atau rumusnya : VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Sebagai contoh berikut saya uraikan cara penggunaannya.

Misalkan kita akan mengisi kolom harga pada table di bawah, dengan rumus : =VLOOKUP(E4,’Data Harga’!$B$4:$C$7,2,0) Maka Hasilnya tidak akan ada  ‘ #N/A ‘ pada kolum Harga karena semua data yang ingin kita tampilkan di area kerja tersebut terpenuhi seluruhnya oleh tabel referensi (table_array).

akan tetapi kalau misalkan salah satu kriteria yang ingin kita tampilkan tidak terpenuhi oleh tabel referensi, hasilnya akan berbeda, perhatikan gambar di bawah.

hasil Terdapat #N/A dan akibat adanya #N/A tersebut nilai tidak dapat kita totalkan.

dan untuk Menyelesaikan Problem diatas, maka perlu kombinasi rumus dasar dengan fungsi iferror sehingga Rumusnya menjadi : =IFERROR(VLOOKUP(E4,’Data Harga’!$B$4:$C$7,2,0),”0″)

dan hasilnya akan seperti gambar tabel dibawah ini:

Untuk Melihat Hasil File Latihannya Download saja If eror dan Vlookup.

Selamat Mencoba Ya ! Good Luck

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang PNPM

UPK Bang Haji

Jam Garuda


visitor counter
 
Copyright © 2013. PNPM Mandiri - All Rights Reserved
Supported by Smilecodes, Inc
Proudly powered by Blogger