Sedia payung sebelum hujan … itu adalah pepatah yang mempunyai makna yang cukup dalam yang artinya hendaknya kita selalu berhati-hati sebelum melakukan sesuatu agar nantinya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita sudah siap untuk menghadapinya. Hal tersebut juga bisa berlaku terhadap pekerjaan kita yang ada dikomputer, khususnya dokumen yang dibuat menggunakan program microsoft office.
Membackup data merupakan salah satu cara kita berhati-hati terhadap data yang telah kita buat. Jangan sampai dokumen yang telah dengan susah payah dibuat dan penuh pikiran hilang begitu saja tanpa bekas. Oleh karena itulah sebaiknya kita melakukan backup terhadap data maupun dokumen penting.
Pada microsoft office word, anda bisa mengatur agar setiap membuat sebuah dokumen secara otomatis ms word melakukan backup data. Untuk itu jika anda ingin melakukan hal tersebut silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.
- Klik pada customize quick access toolbar kemudian pilih more command.
- Pada jendela yang muncul klik tab advanced dan pada panel sebelah kanan di opsi save berilah tanda centang pada Always create backup copy
- Klik OK
Cara menerapkannya adalah ketika anda membuat dokumen baru kemudian anda simpan pada drive maka file tersebut akan berada di drive tersebut. Jika file atau dokumen tersebut anda edit atau ubah (ditambah maupun dikurangi) maka secara otomatis ms word akan membuat backup file dengan nama “backup nama file anda”. Dengan demikian akan terdapat dua file yaitu file asli dan file backup. Jadi file backup berisi dokumen yang paling akhir sebelum data diedit atau dirubah.
0 komentar:
Posting Komentar